Kisi-kisi soal Ujian Nasional adalah acuan dalam pengembangan dan perakitan soal UN yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan kurikulum yang berlaku.. Untuk Ujian nasional 2015 Badan Standar Nasional Pendidikan telah mengeluarkan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0035/P/BSNP/IX/2015 tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (Peraturan BSNP Kisi-kisi UN Dasar Menengah 2015-2016). Untuk Unjian Nasional tahun 2015/2016 kisi-kisi yang disusun mempertimbangkan lingkup materi yang sama pada kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Seperti kita ketahui bahwa belum semua sekolah dapat melaksanakan kurikulum 2013 sehingga masih ada sekolah-sekolah yang menggunakan kurikulum 2006.
Salah satu poin yang perlu dicermati adalah Kisi-kisi soal UN disusun dengan mempertimbangkan lingkup materi yang sama pada kurikulum 2006 dan Krukulum 2013. Jadi materi UN 2016 merupakan irisan antara materi yang ada pada KTSP dan Kurikulum 2013. Sehingga materi yang diajarkan di KTSP tapi tidak diajarkan di Kurikulum 2013, tidak masuk kisi-kisi, dan sebaliknya.
Kisi-kisi Ujian Nasional 2015/2016 merupakan irisan dua kurikulum karena saat ini sedang berjalan penggunaan dua kurikulum di Indonesia, sehingga pemerintah memutuskan untuk hanya mengujikan materi yang dipelajari di kedua kurikulum tersebut. Siswa dari sekolah yang menggunakan Kurikulum 2006 dan siswa dari sekolah yang menggunakan Kurikulum 2013 akan mengerjakan soal yang sama.
Dengan telah dikeluarkannya peraturan tentang tentang Ujian Nasional dan juga kisi-kisi soalnya tentunya silahkan persiapkan diri dengan baik agar dapat melaksanakan Ujian Nasional tersebut. Berikut ini beberapa saran sebagai persiapan menghadapi Ujian Nasional.
1. Bahasa Indonesia
2. Bahasa Inggris
3. Matematika
4. Ilmu Pengetahuan Alam
4.1. Biologi
4.2. Fisika/Kimia
Bagi yang membutuhkan file format.doc silahkan unduh filenya.
Tidak ada cara lain yang lebih baik dalam menghadapi Ujian Nasional selain belajar dengan tekun dan berusaha sebaik mungkin. Perjuangan saat ini akan menjadi batu pijakan untuk langkah selanjutnya. Semoga sukses !
Salah satu poin yang perlu dicermati adalah Kisi-kisi soal UN disusun dengan mempertimbangkan lingkup materi yang sama pada kurikulum 2006 dan Krukulum 2013. Jadi materi UN 2016 merupakan irisan antara materi yang ada pada KTSP dan Kurikulum 2013. Sehingga materi yang diajarkan di KTSP tapi tidak diajarkan di Kurikulum 2013, tidak masuk kisi-kisi, dan sebaliknya.
Kisi-kisi Ujian Nasional 2015/2016 merupakan irisan dua kurikulum karena saat ini sedang berjalan penggunaan dua kurikulum di Indonesia, sehingga pemerintah memutuskan untuk hanya mengujikan materi yang dipelajari di kedua kurikulum tersebut. Siswa dari sekolah yang menggunakan Kurikulum 2006 dan siswa dari sekolah yang menggunakan Kurikulum 2013 akan mengerjakan soal yang sama.
Dengan telah dikeluarkannya peraturan tentang tentang Ujian Nasional dan juga kisi-kisi soalnya tentunya silahkan persiapkan diri dengan baik agar dapat melaksanakan Ujian Nasional tersebut. Berikut ini beberapa saran sebagai persiapan menghadapi Ujian Nasional.
- Ikuti program pembelajaran disekolah dengan baik
- Persiapkan diri dengan banyak berlatih dengan soal
- Belajar kelompok, bahas soal saling bantu
- Berdo’a dan mintalah do’a restu dari kedua orang tua
- Kumpulkan referensi materi ujian selengkap mungkin.
1. Bahasa Indonesia
Level Kognitif | Membaca Nonsastra | Membaca Sastra | Menulis Terbatas | Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca |
---|---|---|---|---|---|
Pengetahuan dan pemahaman Mengidentifikasi Menentukan Memaknai | Siswa mampu
| Siswa mampu
| Siswa mampu melengkapi teks dengan kata atau kalimat | Siswa mampu menunjukkan kesalahan penggunaan kata, kalimat, kepaduan paragraf | Siswa mampu menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan atau tanda baca |
Aplikasi Menunjukkan bukti Menyimpulkan Menemukan ide Menginterpretasikan Menggunakan Menyusun | Siswa mampu
| Siswa mampu
| Siswa mampu
| Siswa mampu
| Siswa mampu
|
Penalaran Mengevaluasi Membandingkan Menanggapi Merefleksi | Siswa mampu
| Siswa mampu
| Siswa mampu
| Siswa mampu
| Siswa mampu
|
Keterangan Jenis teks yang digunakan adalah: Teks laporan, eksposisi, ulasan, biografi, prosedur, tanggapan kritis, cerpen, dan fabel |
2. Bahasa Inggris
Level Kognitif | Fungsi Sosial | Struktur Teks | Unsur Kebahasaan |
---|---|---|---|
Pengetahuan dan Pemahaman - Mengidentifikasi | Siswa mampu: mengidentifikasi topik/tujuan teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report) | Siswa mampu : mengidentifikasi langkah kerja /urutan/alur/plot dari kejadian/peristiwa/ tindakan dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report) | Siswa mampu: mengidentifikasi ungkapan/kata yang memiliki makna yang sama yang terdapat dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report) |
Aplikasi Mengklasifikasi Menentukan Menerapkan | Siswa mampu : siswa mampu menerapkan fungsi detil dari setiap langkah /alat/peristiwa/ bagian/aspek yang ada disebutkan dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report) | Siswa mampu: siswa mampu menentukan susunan kata/kalimat acak dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report) yang tepat | Siswa mampu:
|
Penalaran menyimpulkan menganalis | Siswa mampu: menyimpulkan fungsi/ akibat/efek setelah membaca teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report | Siswa mampu : menyimpulkan hasil dari langkahlangkah tindakan yang terdapat dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report | - |
Pengetahuan dan pemahaman - Mengidentifikasi | Siswa dapat: Mengidentifikasi topik/tujuan teks fungsional pendek - Invitation - Announcement - Advertisement - Letter; Esai pendek - Descriptive - Procedure - Recount - Narrative - Report | Siswa dapat : Mengidentifikasi langkah kerja /urutan/alur/plot dari kejadian/peristiwa/ tindakan dalam teks esai pendek: - Procedure - Recount - Narrative - Descriptive - Report | Siswa dapat: Mengidentifikasi ungkapan/kata yang memiliki makna yang sama dalam teks fungsional pendek - Invitation - Announcement - Advertisement - Letter; Esai pendek - Descriptive - Procedure - Recount - Narrative - Report Menentukan kata atau bentuk gramatika yang tepat untuk melengkapi teks esai pendek - Narrative - Recount - Procedure |
Penerapan Mengklasifikasi Menentukan menerapkan | Siswa dapat : - Menerapkan fungsi detil dari setiap langkah /alat/peristiwa/ bagian/aspek yang ada disebutkan dalam teks fungsional pendek - invitation - announcement - advertisement - Letter; Esai pendek - Descriptive - Procedure - Recount - Narrative - Report | Siswa dapat: - Menjelaskan keterkaitan antara langkah satu dengan yang lainnya dalam teks fungsional pendek - Invitation - Announcement - Advertisement - Letter; Esai pendek - Descriptive - Procedure - Recount - Narrative - Report - Menentukan susunan kata yang tepat dalam kalimat yang terdapat dalam teks esai pendek - Descriptive - Procedure - Recount - Narrative - Report | - |
Penalaran menyimpulkan menganalisis | Siswa dapat: - Menentukan akibat setelah membaca teks fungsional pendek - Invitation - Announcement - Advertisement - Letter; Esai pendek - Descriptive - Procedure - Recount - Narrative - Report | Siswa dapat : - Menyimpulkan hasil dari langkah yang dilakukan atau tidak dilakukan dalam teks fungsional pendek - Invitation - Announcement - Advertisement - Letter; Esai pendek - Descriptive - Procedure - Recount - Narrative - Report | - |
3. Matematika
Level Kognitif | Makhluk hidup dan lingkungannya | Aljabar | Struktur dan fungsi makhluk hidup | Statistika dan Peluang |
---|---|---|---|---|
Pengetahuan dan Pemahaman Mendeskripsikan Membuat tabulasi Menghitung Menginterpretasi Memprediksi Menentukan | Siswa dapat memahami pengetahuan tentang:
| Siswa dapat memahami pengetahuan tentang:
| Siswa dapat memahami pengetahuan tentang:
| Siswa dapat memahami pengetahuan tentang:
|
Aplikasi Mengklasifikasi Mengeskperimen data Mengonstruk Menyelesaikan masalah | Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
| Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
| Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
| Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
|
Penalaran Menjelaskan Membedakan Menafsirkan Menyimpulkan | Siswa mampu menggunakan nalar yang berkaitan dengan: - bilangan bulat - pecahan - barisan dan deret - aritmetika sosial - perbandingan | Siswa mampu menggunakan nalar yang berkaitan dengan:
| Siswa mampu menggunakan nalar yang berkaitan dengan: kesebangunan segitiga | Siswa mampu menggunakan nalar yang berkaitan dengan:
|
4. Ilmu Pengetahuan Alam
4.1. Biologi
Level Kognitif | Makhluk hidup dan lingkungannya | Struktur dan fungsi makhluk hidup |
---|---|---|
Pengetahuan Mengidentifikasi Mendeskripsikan Mengklasifikasi Menunjukkan Menjelaskan Menentukan | Siswa mampu memahami dan menguasai konsep:
| Siswa mampu memahami dan menguasai konsep:
|
Aplikasi Memberi contoh Menyimpulkan Menerapkan Menghubungkan Memprediksi Membandingkan | Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
| Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
|
Penalaran Menganalisis Mensintesis Mengevaluasi Menilai Memperpimbangkan Memecahkan masalah Memberi argumen | Siswa mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:
| Siswa mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:
|
4.2. Fisika/Kimia
Level Kognitif | Pengukuran, zat dan sifatnya | Mekanika dan Tata Surya | Gelombang, Listrik dan Magnet |
---|---|---|---|
Pengetahuan dan pemahaman Mengidentifikasi Menyebutkan Menunjukkan Membedakan Mengelompokkan Menjelaskan | Siswa mampu memahami tentang:
| Siswa mampu memahami tentang:
| Siswa mampu memahami tentang:
|
Aplikasi Mengklasifikasi Menginterpretasi Menghitung Mendeskripsikan Memprediksi Mengurutkan Membandingkan Menerapkan Memodifikasi | Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
| Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
| Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
|
Penalaran dan logika Menemukan Menyimpulkan Menggabungkan Menganalisis Memecahkan masalah Merumuskan | Siswa mampu bernalar tentang:
| Siswa mampu bernalar tentang:
| Siswa mampu bernalar tentang:
|
Bagi yang membutuhkan file format.doc silahkan unduh filenya.
Tidak ada cara lain yang lebih baik dalam menghadapi Ujian Nasional selain belajar dengan tekun dan berusaha sebaik mungkin. Perjuangan saat ini akan menjadi batu pijakan untuk langkah selanjutnya. Semoga sukses !